Kelebihan dan kekurangan DVD-R dan DVD+R

Kelebihan DVD-R
- Besar DVD 4489MB
- Kompatibilitas yang cukup tinggi
- Simulation mode untuk test bakar
- Menurunkan nama CD-R makanya lebih dikenal.
Kelemahan DVD-R
- Tidak ada booktype
- Kecepatan bakar lebih lama ketimbang DVD+R
- DVD-VR belum disupport
- DVD-R DL sering kali tidak disupport oleh beberapa DVD Player
Kelebihan DVD+R
- Booktype DVD-ROM membuat kompatibilitas tertinggi
- Kecepatan bakar yang lebih cepat
- DVD-VR Support (edit video pada disc DVD+RW langsung)
- DVD+RW support Defect Management (kalo ada sector rusak, langsung di skip sama burnernya)
- DVD+R DL bisa di booktype ke DVD-ROM yang membuat kompatibilitas pada DVD player dan DVDROM Drive
Kelemahan DVD+R
- besar ruang DVD hanya 4483MB
- Tidak ada mode Simulation
berikut ada beberapa istilah umum berkaitan dengan hal ini yang sebaiknya kita pahami dengan baik.
  • Burning, yaitu proses menyimpan data ke media/keping disk. Disebut burning, karena kita membakar (menulis bit data) lapisan dalam disk dengan sinar laser.
  • Session, merupakan periode waktu ketika sesuatu terjadi, disini adalah file-file yang ditambahkan di disk dalam sekali operasi
  • Single Session, Semua file di dalam disk ditambahkan dalam satu kali operasi
  • Multi Session, beberapa Session ada di dalam disk
Selain itu ada istilah ROM (semisal CD-ROM), merupakan singkatan dari Read Only Memory ( Memori yang hanya dibaca), berarti bahwa informasi yang tersimpan di disk hanya dapat dibaca saja.
Apa beda -R +R dan RW ?
Saat in hampir semua CD/DVD writer sudah bisa menulis dan membaca semua jenis format DVD. Hal ini ditandai dengan adanya logo DVD±RW. Sehingga jika ada logo tersebut, harusnya tidak ada masalah ketika kita memilih jenis -R atau +R. Mengenai penjelasan tanda ini sebagai berikut :
  • R : tanda ‘R’ sendiri merupakan singkatan dari Recordable. Disini disk dapat digunakan untuk menyimpan data dan sebaliknya jika tidak ada tanda R, maka tidak bisa menyimpan.
  • -R : Tanda Minus baik CD/DVD merupakan single session disk. Artinya kita tidak dapat menambahkan data lain jika sudah di gunakan, meskipun masih ada sisa penyimpanan. Kadang ada media yang bisa melakukan penyimpanan Multi session di disk jenis -R ini, tetapi hasilnya tidak semua media mampu membacanya, kadang hanya session pertama yang terbaca atau tidak ada sama sekali.
  • +R : Tanda Plus ditujukan untuk Multisession, artinya kita dapat menggunakan space kosong yang masih tersedia di disk. Setiap session baru dapat ditambahkan di session yang sudah ada atau membuat session baru. Sebagai bonus, ketika session baru disimpan, dapat memerintahkan untuk “menghapus” session yang lama. Hapus ini maksudnya memerintahkan media player untuk mengabaikan isi datanya.
  • RW : merupakan singkatan dari ReWritable, artinya disk ini menggunakan material khusus sehingga datanya dapat dihapus kemudian digunakan untuk menyimpan data baru atau dapat juga di tumpuk dengan data lain. Ada batasan tertentu seberapa banyak (kali) penghapusan data bisa dilakukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar